Review Alat Tes Darah Easy Touch


Pada postingan terakhir (sebelum tulisan ini), aku berbagi pengalaman sakit asam urat. Di sana, aku juga memuat foto hasil pengecekan kadar asam urat setelah pengobatan menggunakan alat Easy Touch. Enaknya punya alat semacam ini adalah bisa cek sendiri kadar kolesterol, gula, dan asam urat di rumah.

Dengan catatan, tidak takut jarum yaaaa…. 

Lho kok jarum? Ya kan pengecekan tiga hal itu menggunakan sampel darah. Jadi, kita harus berani menancapkan jarum untuk mengambil sampel darah. Biasanya aku menusukkan jarum di ujung jari telunjuk. Entah deh, belum pernah bertanya, bisa tidak di area lain.

Tentu saja, jarum yang digunakan bukan jarum sembarang jarum yang ada di rumah, seperti jarum jahit atau peniti. Melainkan jarum khusus untuk keperluan tes yang disebut lancet. Cara menusukkan jarum menggunakan alat semacam pulpen yang merupakan pasangan si lancet.

Tenaga kesehatan atau orang awam yang banyak berkaitan dengan urusan medis, pasti tidak asing dengan istilah-istilah itu. Tapi aku kan orang awam yaaa…Jadi pakai bahasa awam juga hehehe. 

Btw, sebenarnya tulisan ini karena terpantik salah satu komentar pada artikel pengalaman asam urat. Komentar dari Mak April ini lhoooo : 


Makasih komennya Mak April, jadi ide tulisan deh. Aku ceritakan asal muasal membeli dan review singkat tentang penggunaan alat ini. 


EasyTouch GCU. 

Blood Glucose/Cholesterol/Uric Acid

Multifunctioning Monitoring System

Demikian nama dan keterangan yang tertulis dalam buku panduan penggunaan alat. Aku lupa kapan membeli alat ini. Namun, dari buku catatan penggunaan alat, aku bisa memastikan kalau alat ini dibeli pertengahan tahun 2021.

Kami (suami dan aku) membeli alat ini atas saran dari kakakku yang seorang tenaga kesehatan. Tentu ada alasan kuat yang melatari saran itu, yakni hasil check medis tahunan suamiku konsisten diabetes. Jadi, alat ini akan sangat berguna untuk pengecekan rutin kadar gula darah tanpa harus ke klinik/laboratorium.

Ada beberapa macam alat test darah. Sedangkan aku awam dengan peralatan kesehatan semacam itu. Jadi, aku memilih brand itu atas saran kakakku. 

Aku membeli di toko online. Sayang sekali, aku sudah lupa harga saat itu.  Aku cek di toko online, saat ini (medio 2024) harganya di kisaran Rp 250 ribu. Selisih harga antar toko tak jauh beda dari angka itu.

**

Berikut peralatan yang terdapat dalam satu set Easy Touch yang aku beli : 

• Alat test darah

• Strip cek gula darah

• Strip cek asam urat

• Strip cek kolesterol

• Lancing pen (alat penusuk jarum)

• Lancet (jarum)

• Swab alkohol

• Buku manual

• Buku catatan hasil tes


Satu set peralatan ini sudah dimasukkan dalam pouch yang didesain khusus untuk semua printhilannya. Pouch itu kemudian dikemas dalam karton tebal dengan desain Easy Touch. Penggunaan alat menggunakan dua buah baterai A3. Ada toko online yang menjual set alat lengkap dengan baterai, ada juga yang tidak.

Alat-alat test seperti strip, lancet, dan lancing pen bisa dibeli terpisah. Jadi, kalau suatu hari ada bagian yang habis/rusak, bisa membeli per bagian yang dibutuhkan. Oh iya, strip cek darah ada masa kadaluarsanya. Jadi, untuk pemakaian pribadi, mending beli yang isinya sesuai kebutuhan. Dengan demikian, strip tidak akan terbuang sia-sia karena expired.

Penggunaan alat ini sangat mudah. Kami yang bukan orang medis pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Tapi di sini aku tidak akan merincikan cara penggunaannya. Pada dasarnya adalah tusuk bagian jari menggunakan lancing pen, lalu teteskan darah ke strip yang sudah dipasang pada alat. Dalam waktu beberapa detik, layar alat akan langsung memperlihatkan hasil pengecekan.

Mengenai akurasi hasil tes, jujur aku belum pernah membandingkan dengan alat ukur lain atai hasil pengukuran di laboratorium.

Petunjuk penggunaan dan perawatan tertulis jelas pada buku manual. Kalau bingung dengan petunjuk naratif bisa cari cara penggunaannya di Youtube. Pasti lebih jelas daripada penjelasan dengan kata-kata kan?

Suamiku sempat rutin menggunakan alat tersebut. Aku yang merasa sehat-sehat saja paling sesekali ikut cek. Namun, beberapa bulan belakangan ini suamiku tidak lagi rutin cek. Apalagi akuuuu…. Coba, kemarin-kemarin tetap rutin cek, mungkin tidak akan sampai sakit asam urat karena sudah terdeteksi lebih dini..

Akhirnya, sakit asam urat itu seperti jadi peringatan supaya rutin cek lagi. Nah, kemarin pas mau coba cek sendiri, eh strip-nya sudah kadaluarsa. Jadi harus beli strip baru deh. Pastikan mengecek tanggal kadaluarsa tiap membeli strip ya teman-teman…

Tidak harus menunggu sakit untuk cek darah dasar semacam ini. Terlebih untuk usia 40 up seperti aku. Faktor U dan tidak sangat ketat menjaga kesehatan membuat cek rutin  diperlukan. 

Bukan berarti aku serampangan memperlakukan tubuh. Namun, aku bukan semacam atlet atau aktris yang demikian ketat menjaga tubuh dan makanan. Rakyat jelata ini mah kadang masih suka jajan cilok dan seblak. Olahraga juga belum sepenuhnya rutin.

Demikian review singkat alat tes darah Easy Touch. Semoga berguna bagi teman-teman yang membutuhkan.

Salam Sehat



14 komentar untuk "Review Alat Tes Darah Easy Touch"

  1. Alat tes darah mndiri ini berarti bisa jadi deteksi dini ya kalau ada parameter dalam darah yg tidak sesuai dengan kadar normalnya

    BalasHapus
  2. Bapak Ibuku pengidap diabetes dah udah punya alat seperti ini. Aku kok jadi pengin beli. Medical check up terakhir aku pre DM..dah ketar-ketir akutuuu...kalau yang lain masih normal sih. Kalau Pak suami masih oke juga semua. Mudah dan praktis ini ya

    BalasHapus
  3. Alat ini memang sebaiknya ada di rumah untuk test kesehatan rutin, apalagi umtuk orang seusia saya menjelang 60 tahun. Tapi rasanya masih belum tega lihat darah dan menusuk tangan sendiri pake jarum. Jadi ya, saya dan suami cek rutin aja di klinik terdekat. Terima kasih sharingnya kak, sangat bermanfaat bagi kami para lansia.

    BalasHapus
  4. Sering melihat alat ini kalau tenaga medis melakukan cek darah untuk diabetes, asam urat. Aku kira hanya orang medis saja yang harus punya, ternyata orang awam pun bisa nih beli alat tes darah easy touch. Cara peggunaannya mudah, yang penting gak takut jarum aja ya, hahahha.

    Kayaknya perlu beli nih, karena mamaku ada gejala asam urat.

    BalasHapus
  5. Wah, senangnyaa.. ka April di stitch komennya.
    Hehehe.. uda kayak main tiktok yaa..

    Btw, setelah di tes, semisal memang ada indikasi kadar gula darah, kolesterol, dan asam urat tinggi, langsung ke dokter kah?
    Biasanya memang kalau badan dirasa uda ga nyaman, berarti ada yang salah, gitu ya.. Kudu banget diantisipasi dengan cara yang tepat menggunakan alat tes darah EasyTouch.

    Di keluargaku, cuma masku yang pertama yang punya alat tes darah begini.. karena bener kata ka Lis.. kalau orang awam, berasa nunak nunuk makenya.. Karena mbak iparku dulu mantan perawat, jadi satset kalo cek cek begini.

    BalasHapus
  6. Lengkap ya perintilannya di dalam satu tas. Sepertinya perlu dimiliki inj, agar orang² bisa skrining dini, atau bisa dimanfaatkan untuk yang punya gangguan kesehatan misalnya

    BalasHapus
  7. Ooohh alatnya cukup lengkap juga yaa...dengan 250rb-an bisa sekalian asam urat, kolesterol, gula darah. Kalau nunggu skrining di publik gitu kan kapan-kapan aja ya, gak bisa cek rutin.

    Menjelang-jelang umur segini kayaknya perlu juga punya di rumah ya buat screening dini. Makasih sharingnya ya jadi tau pentingnya antisipasi.

    BalasHapus
  8. Sejak pandemi, ku punya peralatan medis yang perlu untuk di rumah, termasuk easy touch ini. Bukan apa-apa, ku jadi parnoan dengan kesehatan, dan dengan alat ini ibaratnya jadi alat skrining buat kita.

    BalasHapus
  9. Kakak mamah yang punya penyakit kolesterol, darah tinggi, gula darah dan penyakit lambung juga punya alat ini. Untuk persiapan memeriksa darahnya jika diperlukan. Memang alatnya lengkap dan sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan.

    BalasHapus
  10. Perlu banget nih alat tes asam urat (dan penyakit lain seperti diabetes) seperti ini. Praktis bisa cek sendiri di rumah, penasaran jadi pengen beli juga buat ibu saya

    BalasHapus
  11. alat seperti ini memang wajb ada di rumah terlebih jika memiliki kerabat dan orangtua yang punya penyakit seperti hipertensi, kolesterol dan diabetes

    BalasHapus
  12. Saya juga punya mbak, dulu jadi perlengkapan wajib untuk periksa kedua alm mertua yang sakit sekitar 1 tahunan. Untuk nyobain ke diri sendiri ga berani. Galaknya kayak gini tapi sama jarum sekecil itu takuuuutt 😁

    BalasHapus
  13. Aku juga punya alat seperti ini Mbak, mereknya lain tapi fungsinya sama. Praktis bisa cek kadar gula darah sendiri tapi ya harus berani menusuk jari sendiri atau orang rumah buat dapat sampel darahnya ya

    BalasHapus
  14. Poliklinik di kantor saya juga punya alat ini mbak, pernah tes sekali, alhamdulillah baik dan normal semua.
    Ternyata harganya nggak begitu mahal ya, boleh juga di dibeli buat dimiliki sendiri. Tapi takut pakai bolpen suntiknya itu, gimana dong kalau ada tetangga yang minta buat di cek darahnya

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)